Minggu, 08 Juni 2008

Pengertian Luas Tentang Karier

karir,, merupakan suatu kondisi yang menunjukkan adanya peningkatan status kepegawaianseseorang dalam suatu organisasi sesuai dengan jalur karir yang telah ditetapkan organisasi.
karier adalah semua pekerjaan atau jabatan yang dipegang selama masa kerja seseorang. Karirmenunjukkan perkembangan para karyawan secara individual dalam suatu jenjang ataukepangkatan yang dapat dicapai selama masa kerjanya dalam suatu organisasi.

3 Pengertian Tentang Karier:

  1. Karir sebagai suatu rangkaian promosi jabatan atau mutasi ke jabatan yang lebih tinggi dalam jenjang hirarki yang dialami oleh seorang tenaga kerja selama masa kerjanya.
  2. Karir sebagai suatu penunjuk pekerjaan yang memiliki gambaran atau pola pengembangan yang jelas dan sistematis.
  3. Karir sebagai suatu sejarah kedudukan seseorang, suatu rangkaian pekerjaan atau posisi yang pernah dipegang seseoranga selama masa kerjanya. Oleh karena itu, pengertian yang terakhir ini sangat luas dan umum, karena setiap orang pasti mempunyai sejarah pekerjaan yang berarti setiap orang pasti mempunyai karir.
Adapun Perencanaan sebuah Karier adalah:
  • suatu perencanaan tentang kemungkinan-kemungkinan bagi seorang karyawan dan anggota suatu organisasi sebagai individu untuk meniti proses kenaikan pangkat dan jabatan sesuai persyaratan jabatan dan kemampuannya.
  • perencanaan karier tidak harus dikonsentrasikan hanya pada peluang kenaikan jabatan, jika memang pada lingkungan kerja saat ini peluang tersebut sangat terbatas.
Alasan Mengadakan Perencanaan untuk karier merupakan fungsi kepegawaian yang relatif baru dan program-program masih jarang, kecuali dalam organisasi-organisasi yang besar atau maju. Akan tetapi keterlibatan organisasi dalam perencanaan karir makin bertambah. Banyak calon pegawai, khususnya calon-calon yang berpendidikan tinggi, menginginkan suatu karir, bukan “hanya suatu jabatan” saja.

Mengapa Perencanaan Karier sangat Penting? karena:
  1. Kesempatan untuk melakukan sesuatu yang membuat anda merasa senang.
  2. Kesempatan untuk mencapai sesuatu yang berharga.
  3. Kesempatan untuk mempelajari hal-hal baru, dan
  4. Kesempatan untuk mengembangkan kecakapan dan kemampuan anda.

Manfaat Perencanaan Karier

  • Mengembangkan para karyawan yang dapat dipromosikan.
  • Menurunkan perputaran karyawan.
  • Mengungkap potensi karyawan.
  • Mendorong pertumbuhan.
  • Memuaskan kebutuhan karyawan.
  • Membantu pelaksanaan rencana kegiatan yang telah disetujui.

1 komentar:

pavita khansa 26 April 2012 23.55  

terima kasih ini berguna sekali

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP